Anomali Bouguer kita ternyata benar

Supaya tidak penasaran setelah tulisan sebelumnya dengan judul yang agak provokatif, maka saya lanjutkan masih dengan pembahasan perhitungan anomali Bouguer. Secara numerik angka yang diperoleh dari perhitungan anomali Bouguer sebagaimana dibahas sebelumnya tidak salah. Hanya saja konsep yang digunakan kurang tepat. Konsep lama tsb. banyak terdapat pada textbook standar tahun 60-70an yang digunakan oleh dosen-dosen atau bahkan oleh kita saat awal belajar geofisika dulu.

Sebenarnya sudah ada pembahasan konsep yang lebih tepat (salah satunya short-note Patrick Ervin di Geophysics vol. 42 no. 7 Desember 1977 yang saya baca saat mengerjakan TA tahun 1985an). Selain itu banyak buku-buku teks standar yang lebih baru telah mengadopsi konsep tsb. Beberapa dosen senior bahkan pernah mendiskusikan dan mengemukakan hal tsb. pada beberapa kesempatan. Namun tidak tertutup kemungkinan masih ada yang menggunakan konsep lama tsb. karena kekurangcermatan dalam memahami metode gravitasi. Apalagi secara numerik hasilnya “sama” saja.

Jadi, harga gravitasi normal-lah (pada bidang datum, biasanya MSL) yang dikoreksi dengan besaran-besaran yang diturunkan secara teoritis pula sehingga bisa “dibandingkan” dengan harga gravitasi hasil pengamatan. Dalam hal ini koreksi udara bebas dikurangkan sementara koreksi Bouguer ditambahkan pada g-normal. Pada beberapa buku digunakan istilah gravitasi model (g-mod) untuk gravitasi teoritis tsb.

Dengan demikian, harga anomali Bouguer kita tetap berada pada permukaan topografi (bukan pada datum atau MSL). Oleh karenanya tidak akan ada masalah dalam interpretasi anomali Bouguer untuk memperkirakan distribusi rapat massa bawah-permukaan.

grav_2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!