Bahan bacaan untuk belajar metode magnetotellurik (MT)

Pembahasan mengenai metode magnetotellurik (MT) biasanya dilaksanakan pada setengah semester ke dua pada kuliah Geolistrik dan Elektromagnetik (S1) dan Eksplorasi Geotermal (S2). Karena keterbatasan waktu maka pembahasannya difokuskan pada hal-hal yg bersifat pengantar, beberapa konsep yg mendasar dan paling jauh pemodelan MT 1D. Bahan bacaan mengenai hal tsb. sudah banyak bertebaran di internet. Apa yg saya siapkan untuk kuliah-pun merupakan resume dari bahan-bahan yg dikumpulkan dan dikompilasi dari berbagai sumber, salah-satunya dari internet.

Tulisan yg bisa di-download dari link di bawah ini adalah salah satu bab dari buku yg pernah dicetak sangat terbatas oleh Penerbit ITB untuk memperkenalkan Kelompok Keilmuan (KK) Geofisika Terapan FTTM-ITB beberapa tahun yg lalu. Isinya adalah tulisan beberapa kolega dosen mengenai bidang keahliannya masing-masing yg dianggap cukup merepresentasikan KK kami. Kebetulan saya ditugaskan sebagai editornya. Khusus pada bab 12 saya memperkenalkan metode MT dan contoh aplikasinya. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.

Bab 12 Metode Magnetotellurik (MT) (PDF)

Mengingat keterbatasan jumlah halaman pada penulisan buku di atas maka banyak hal detil (penurunan rumus) yg saya lewati. Oleh karena itu saya tambahkan tulisan saya yg lain disini yg kemungkinan banyak overlap atau pengulangan dg tulisan sebelumnya. Tulisan tsb. kiranya dapat melengkapi kuliah tatap-muka yg saya sampaikan di kelas yg lebih banyak menggunakan sarana papan tulis dan slides yg hanya berisi pokok-pokok bahasan secara garis besar.

Semoga tulisan sederhana yg bersifat konsep dasar ini bermanfaat bagi yg memerlukannya.

Pengantar Metode Magnetotellurik (MT)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!