Komputerisasi perhitungan atau pengolahan data geofisika

Pada Joint Convention HAGI-IAGI Balikpapan 2015 yg lalu saya menyempatkan hadir di salah satu sesi presentasi khusus mahasiswa karena ada topik yg cukup menarik. Seorang mahasiswa mempresentasikan makalah tentang program perhitungan koreksi topografi (terrain correction) untuk pengolahan data gravitasi. Teringat 30 tahun yg lalu saya melakukan hal yg sama atau mirip dg pekerjaan mahasiswa tsb. Waktu itu saya tidak mempublikasikannya karena hal itu hanya merupakan sebagian kecil dari pekerjaan Tugas Akhir S1 saya. Tentu saja saya tidak mengemukakannya saat ada kesempatan diskusi / tanya-jawab.

image

Saya mengapresiasi usaha mahasiswa tsb. untuk mengkomputerisasi perhitungan koreksi terrain dengan input data DEM (digital elevation model) meskipun masih menggunakan template Hammer chart. Namun perlu diingat bahwa penggunaan Hammer chart dan tabel yg menyertainya di tahun 60-70an dimaksudkan sebagai pendekatan dan untuk memudahkan perhitungan karena keterbatasan akses komputer saat itu. Perhitungan yg dilakukan secara manual tsb. tentu sangat memakan waktu dan melelahkan.

Saya sarankan untuk kembali ke esensi perhitungan koreksi topografi yaitu menghitung efek gravitasi massa 3-D di sekitar titik pengamatan. Dengan ketersediaan data DEM yg cukup detail dan berbagai algoritma perhitungan efek gravitasi 3-D tentu perhitungan koreksi topografi akan relatif mudah diimplementasikan menggunakan program komputer. Selain itu banyak paper atau makalah yg relatif baru diterbitkan membahas berbagai teknik perhitungan koreksi topografi sebagai bagian dari pengolahan data gravitasi.

Mengkomputerisasi perhitungan yg dulunya menggunakan tabel atau template tidak harus mengikuti atau menduplikasi secara persis prosedur lama tsb. Ibarat memekanisasi pembuatan sambal tidak berarti harus menambahkan mesin atau motor pada cobek dan ulekan supaya ulekannya bergerak sendiri misalnya. Esensinya adalah menggerus atau menghancurkan dan mencampur bahan-bahan pembuat sambal. Jadi, dengan menggunakan “blender” yg pada dasarnya pisau yg diputar motor maka hal itu dapat dicapai.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. dikshie

    tambah pedes sambalnya:
    “GTeC—A versatile MATLAB® tool for a detailed computation of the terrain correction and Bouguer gravity anomalies”
    http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0098300415300236

    Reply
    1. geofisik@net (Post author)

      Terima kasih infonya.

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!