Koreksi efek statik data MT menggunakan data TEM

Topik mengenai koreksi efek statik data MT menggunakan data TEM (Transient Electromagnetics) mestinya bukan hal yg baru. Topik ini dibahas pada kuliah Geolistrik dan Elektromagnetik (S1) dg penekanan pada pengenalan metode TEM. Sebagai salah satu aplikasi metode TEM yg paling banyak digunakan, topik tsb. juga dibahas pada kuliah Eksplorasi Geotermal (S2). Makalah yg dapat digunakan sebagai bahan bacaan salah satunya adalah paper klasik berjudul: Correction for the static shift in magnetotellurics using transient electromagnetic soundings oleh Sternberg dkk. di Geophysics vol. 53, no. 11, 1988. Pada dasarnya kita dapat mengakses jurnal SEG tsb. dg tarif berlangganan on-line yg cukup murah untuk mahasiswa atau profesional dari negara berkembang seperti Indonesia (sekitar 10US$/tahun). Hal tsb. sangat bermanfaat karena memudahkan akses ke makalah yg penting bagi kita (tinggal search saja).

Bahan bacaan yg dapat diunduh dari sini tentu saja terbatas pada makalah dan expanded abstract presentasi saya yg sudah cukup lama, serta makalah K. √Ārnason di World Geothermal Congress 2015 yg link-nya saya sertakan disini (semoga masih bisa diakses):

Bahan bacaan yg ditampilkan disini hanya sebagai titik awal bagi mereka yg ingin mempelajari topik yg ada pada judul tulisan ini. Untuk selanjutnya dapat dicari sumber bacaan lain yg relevan yg banyak tersedia dan dapat diakses. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!