Literatur dan bahan bacaan untuk belajar geolistrik

Saya sering mendapat pertanyaan mengenai literatur untuk belajar geolistrik. Demikian pula pada komentar di tulisan sebelumnya mengenai Resistansi dan Resistivitas. Kalau yang dimaksud adalah textbook yang membahas metode geolistrik tentu saja banyak sekali. Yang ditampilkan berikut adalah 3 buku teks yang membahas metode geolistrik sebagai bagian dari metode-metode geofisika eksplorasi. Sedangkan 3 buku lainnya membahas aplikasi dari metode-metode geofisika untuk berbagai keperluan yang spesifik dimana di dalamnya juga dibahas metode geolistrik.

ref_1

ref_2

Jika akses ke buku-buku teks tsb. masih sulit sebenarnya ada alternatif lain, yaitu materi kuliah yang diunggah ke web terutama oleh dosen dari universitas di luar negeri (biasanya dalam bentuk slide presentasi maupun teks dalam format PPT ataupun PDF). Meskipun materi tersebut tidak dapat menggantikan sepenuhnya buku teks sebagai referensi, namun sebagai bahan bacaan awal untuk belajar metode geolistrik sudah cukup informatif.

Saya tidak dapat mengunggah materi-materi tsb. di sini karena menyangkut hak cipta atau copyright dari masing-masing penulisnya. Saya hanya tampilkan beberapa link-nya di sini yang saya anggap cukup memadai sebagai bahan bacaan awal untuk mempelajari metode geolistrik. Link tsb. saya peroleh dari google dengan kata kunci antara lain: introduction geoelectrical method, resistivity method, dan lain lain.

  1. Tulisan dari Czech Geological Survey ini membahas pengenalan metode geofisika secara umum, antara lain gravitasi, magnetik dan geolistrik (hati-hati ukuran file cukup besar, 27 MB).
  2. Materi kuliah (PPT dalam format PDF) namun dengan teks yang relatif lengkap ini adalah dari Institut für Geophysik und Meteorologie Cologne, namun tampaknya diunggah di situs lain.
  3. Tulisan dari Dept. of Transport California ini cukup memberikan landasan metode geolistrik.
  4. Demikian pula dengan makalah dari Radford University ini.
  5. Bahan bacaan dari Leibniz Institute for Applied Geophysics – LIAG, Hannover selain membahas prinsip dasar metode geolistrik secara singkat juga mengelaborasi teknik pengukuran dan pemodelan data yang sudah cukup spesifik, yaitu continuous profiling.
  6. Buku manual software RES2DINV yang terkenal dari M.H. Loke ini diawali dengan sedikit pembahasan mengenai metode geolistrik dan aplikasinya untuk pencitraan (imaging atau tomografi) 2-D. Terdapat banyak versi yang telah direvisi dan diunggah di banyak situs.

dan masih banyak lagi…

Mungkin masih banyaknya pertanyaan mengenai literatur tentang geolistrik, meski telah sering disampaikan jawabannya sebagaimana dibahas di atas, lebih berkaitan dengan ketersediaan bacaan dalam bahasa Indonesia. Memang masih diperlukan usaha keras untuk memahami teks dalam bahasa Inggris. Membuat teks dalam bahasa Indonesia yg mudah dipahami juga tidak mudah…

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!