Masih bahan bacaan mengenai metode magnetotellurik (MT)

Sebagaimana telah diuraikan, bahan bacaan yg ditampilkan pada tulisan sebelumnya merupakan bagian dari buku yg memperkenalkan Kelompok Keilmuan Geofisika Terapan FTTM-ITB. Tulisan dengan topik yg sama namun dengan pendekatan agak berbeda dilampirkan dan bisa diunduh disini. Oleh karena itu keduanya banyak overlap.

Bagian yg membahas penurunan persamaan pemodelan ke-depan (forward modeling) MT 1D secara agak lebih lengkap telah dipublikasikan sebagai paper di Jurnal Geofisika HAGI tahun 1997. Jurnal tsb. merupakan jurnal ilmiah HAGI edisi perdana setelah sebelumnya lama tidak terbit. Fokus paper adalah teknik perhitungan respons MT dari suatu model 1D secara sederhana dengan formulasi yg agak berbeda dari pada yg telah banyak dipublikasikan. Teknik yg diusulkan tidak melibatkan perhitungan tangen/cotangen hiperbolikus melainkan langsung menggunakan ekspresi eksponensial (exp). Selain itu formulasi-nya dapat menghindari ketidakstabilan akibat eksponensial bilangan besar dan / atau suku dengan nominator berharga sangat kecil.

Paper (dalam bahasa Inggris) dengan format jurnal sudah tidak dapat ditemukan. Oleh karena itu yg di-unggah adalah versi awal dalam bahasa Indonesia dengan harapan dapat lebih mudah dipahami. Tidak tertutup kemungkinan masih terdapat kesalahan penulisan tanda dan simbol (pada persamaan), kesalahan tipografi dan juga kesalahan pemahaman, karena ditulis hampir 20 tahun yg lalu…

Pengantar Metode Magnetotellurik (MT) (PDF)

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!