Methods vs. Applications

Secara umum Geofisika menggabungkan berbagai ilmu antara lain fisika, matematika dan geologi untuk mempelajari bumi. Sebagaimana bisa dirujuk dari Wikipedia, cakupan bidang kajian geofisika sebenarnya cukup luas. Apa yg dibahas di blog ini hanya merupakan bagian dari geofisika yg sering disebut sebagai geofisika terapan atau geofisika eksplorasi. Itupun dibatasi pada bidang yg memang menjadi interest saya sebagaimana telah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya. Situs Stanford University ini mungkin dapat mewakili penjelasan mengenai geofisika terapan.

Geofisika dapat dimanfaatkan untuk keperluan eksplorasi sumberdaya alam, studi kerekayasaan, studi lingkungan dan bahkan untuk mitigasi bencana. Dalam geofisika dipelajari teknik atau metode yg dapat digunakan untuk memperkirakan kondisi atau struktur geologi bawah-permukaan bumi, antara lain gravitasi, magnetik, geolistrik, Induced Polarization (IP), geo-elektromagnetik, seismik dan lain-lain. Saya sering menyampaikan ke mahasiswa bahwa belajar geofisika adalah belajar metode-metode itu secara mendalam mulai dari konsep dasar, pengukuran (akuisisi) data, sampai pengolahan dan interpretasi data. Selama semua itu dipelajari dan dikuasai secara baik maka aplikasinya untuk tujuan-tujuan sebagaimana disebut di atas mestinya tidak terlalu sulit.

Saya tidak bermaksud terlalu menyederhanakan masalah. Terdapat hal-hal yg spesifik dari aplikasi suatu metode geofisika untuk eksplorasi geotermal yg sedikit banyak akan berbeda dengan yg untuk eksplorasi mineral, misalnya. Saya masih sering mendapati orang belajar geofisika (mahasiswa dan bahkan lulusan S3) yg hanya bersifat “mekanistis” atau prosedural semata, tanpa mengenal konsep dasarnya. Akibatnya ketika ditanya “mengapa” mereka sering tidak bisa menjawab atau bahkan memiliki ide yg kurang tepat mengenai geofisika (ini akan jadi bahasan tersendiri nantinya).

Jadi, mari kita bersama-sama mempelajari geofisika sebaik mungkin agar kita dapat lebih bertanggung-jawab dalam menjalankan kewajiban dan profesi kita masing-masing.

method_applic

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!