Pemisahan anomali gravitasi regional dan residual

Proses pemisahan anomali gravitasi regional – residual (atau anomali sisa) merupakan hal yang sangat penting. Ada yang menganggap proses pemisahan anomali regional – residual sebagai salah satu cara untuk mempertajam anomali gravitasi (anomaly enhancement) dan merupakan bagian dariĀ advanced processing. Bahkan ada pula yang memasukkannya sebagai bagian dari intrepretasi. Meskipun tidak saling bertentangan secara “frontal”, terdapat banyak sekali informasi dan pendapat mengenai salah satu aspek dari pengolahan data gravitasi ini.

Saya mendapati satu pertanyaan seseorang di researchgate.net, yaitu mengenai berapa banyak metode pemisahan anomali regional – residual. Salah satu jawaban malah menjelaskan konsep yang menyatakan pada dasarnya pemisahan anomali regional – sisa lebih banyak bersifat kualitatif. Pemodelan data gravitasi semestinya tidak dilakukan pada data yang telah mengalami proses yang dapat menghasilkan berbagai kemungkinan hasil yang berbeda tsb.

Jawaban lain menceritakan approach yang mereka lakukan yang dituangkan pada makalah mereka (bisa di-unduh dari researchgate.net). Tulisan ini tidak bermaksud membuat diskusinya menjadi 100% tuntas melainkan menjadi pengantar bagi diskusi lebih lanjut mengenai topik yang cukup menarik ini…

reg_res1

reg_res2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!