Turunan vertikal data gravitasi dan magnetik

Dalam kuliah mengenai eksplorasi geotermal menggunakan metode geofisika (S2), dibahas secara singkat metode gravitasi dan magnetik. Dalam kuliah ini di-review konsep anomali Bouguer sebagaimana telah disampaikan pada dua tulisan sebelumnya (Anomali Bouguer-1 dan Anomali Bouguer-2).

Dibahas pula teknik anomaly enhancement menggunakan turunan vertikal pertama dan ke-dua yg masing-masing dikenal sebagai First Vertical Derivative (FVD) dan Second Vertical Derivative (SVD). Salah satu alternatif perhitungan SVD adalah memanfaatkan gradien horizontal berdasarkan persamaan Laplace (akan dibahas kemudian secara khusus). Secara umum turunan vertikal medan potensial dapat dihitung dalam domain frekuensi spasial menggunakan Fast Fourier Transform (FFT) sebagaimana diilustrasikan pada gambar berikut.

 

SVD_1

Penjelasan lebih detil mengenai turunan vertikal data magnetik (yg pada dasarnya juga berlaku untuk data gravitasi) terdapat pada makalah yg telah ditunjukkan situs untuk mengunduhnya. Namun karena tidak semua berkenan bergabung dengan jejaring academia.edu ataupun researchgate.net untuk mengakses paper-paper yg ada maka makalah tsb. dan makalah lain yg relevan yg tidak dapat diakses dari jurnal-nya dapat diunduh melalui link di bawah ini:

  1. Aplikasi Turunan Vertikal Fraksional pada Data Magnetik (Jurnal Geofisika 2004/1)
  2. Penentuan Tensor Gradien Gravitasi Menggunakan Metode Transformasi Fourier (JTM no. 4 vol. VIII, 2001)
  3. Full Tensor Gradient of Simulated Gravity Data for Prospect Scale Delineation (J. Math. Fund. Sci., Vol. 46, No. 2, 2014)

Sebagaimana biasanya makalah-makalah saya dalam bahasa Indonesia yg ada di prosiding atau jurnal nasional menggunakan pendekatan tutorial. Dengan demikian diharapkan tidak ditemui kesulitan yg berarti dalam hal pemahamannya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!